Facebook, Blogger dan Twitter : Ancaman atau Tantangan bagi Wartawan?


Facebook, Blogger dan Twitter : Ancaman atau Tantangan bagi Wartawan?

Kehadiran Facebook, Blogger dan Twitter merupakan Ancaman atau Tantangan bagi para wartawan Media Massa baik cetak maupun elektronik? Direktur Eksekutif LPDS, Priyambodo SH menyatakan, kehadiran media massa sosial, mulai Facebook, Blogger dan Twitter merupakan ancaman bagi keberadaan wartawan yang bekerja di media massa cetak dan elektronik. Karena itu, wartawan harus terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan untuk lebih profesional.(Kompas.com 18 April).

TANTANGAN:

Saya setuju bahwa wartawan media massa Indonesia baik media cetak maupun elektronik (Media Online dan Media TV) harus terus menerus meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka agar lebih profesional dalam menjalankan tugas sehari hari.
Media Massa Sosial jangan dianggap sebagai ancaman, tapi merupakan tantangan yang dapat menjadi perangsang bagi wartawan media massa untuk terus meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka dalam melakukan ‘investigative reporting’.

MITRA:

Media Massa Sosial malah dapat menjadi mitra yang sangat membantu para wartawan Media Massa dalam melakukan tugas sehari hari dalam mengembangkan suatu berita. Apa yang ditampilkan di Facebook, Twitter atau Blogger bisa dijadikan sebagai ‘tips’ dan ‘leads’ yang dapat dikembangkan dan di-investigasi lebih mendalam oleh para wartawan Media Massa, karena tidak semua peristiwa bisa diliput oleh wartawan media massa. Media Massa Sosial juga dapat membantu Media Massa dalam mengembangkan opini publik yang positif tentang suatu permasalahan. Sebagai contoh sekarang ini perlu dibangun dan dikembangkan opini publik yang mendukung semakin mendesaknya perlu diberlakukan Hukuman Mati untuk KORUPTOR dalam rangka memberantas tuntas Budaya Korupsi di Negeri ini yang tengah mengancam membuat Negeri subur makmur menjadi Negeri yang MISKIN dan TERKEBELAKANG.

For All My Journalist Friends and Colleagues, KEEP UP YOUR GOOD WORKS AND IMPROVE YOUR PROFESSIONALISM !

Blog Entry BAHAN RENUNGAN Apr 20, ’10 12:47 AM
for everyone
BAHAN RENUNGAN:

Indonesia telah merdeka 65 tahun, sudah memilki enam presiden, sumber daya alam (SDA) di darat dan di laut kaya raya, sumber daya manusia SDM pintar pintar tapi kenapa adil dan makmur sesuai Amanat UUD 45, belum juga tercapai. Penyebabnya adalah KORUPSI yang telah MEMBUDAYA merasuk kemana mana. Salah satu masalah besar yang masih dihadapi Indonesia dalam berbangsa dan bernegara adalah KORUPSI yang telah membudaya di sebagian kalangan Pejabat Negara baik yang ada di Eksekutif dan Yudikatif maupun Legislatif.
.

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI:

Budaya KORUPSI Pejabat Negara RI bisa buat Negeri subur makmur jadi Negeri yang sangat MISKIN dan TERKEBELAKANG. Singapura dan Malaysia sudah jauh meninggalkan Indonesia, jadi Negara maju dan sejahtera. Vietnam sebentar lagi akan meninggalkan kita. Penduduk RI yang sekiar 250 juta jiwa itu tidak bisa dijadikan alasan kesulitan mencapai kesejahteraan. China denang penduduknya 1,5 miliar jiwa, jauih lebih maju dan sejahtera dari Indonesia.

KORUPSI lebih buruk dari PROSTITUSI:

KORUPSI lebih buruk dan berbahaya daripada PROSTITUSI dilihat dari pengaruhnya dalam merusak moralitas bangsa. PROSTITUSI mungkin hanya merusak moral seseorang secara individual. Tetapi KORUPSI bisa merusak moral banyak orang (para Pejabat Negara) dan seluruh negeri menanggung akibatnya: Pembangunan terhambat, Pengangguran bertambah dan Kemiskinan bertambah. Dana yang seharusnya bisa digunakan untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan rakyat, banyak (sampai triliunan Rupiah: ingat kasus BLBI saja kerugian Negrara diperkirakan capai Rp600 triliun, belum yang lainnya) yang dirampok para KORUPTOR. Disamping itu Lingkungan hidup juga rusak karena banyak hutan yang gundul akibat ulah para KORUPTOR. Penggundulan hutan tropis di Indonesia oleh para KORUPTOR ini menimbulkan kerusakan alam multi dimensi antara lain longsor, banjir sampai
pemanasan Global.

Advertisements

Write a comment or Leave a Reply. Thank You! Kind Regards Web Administrator/Editor

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s