FACEBOOK SARANA SILATURAHMI YANG EFEKTIF


FACEBOOK SARANA SILATURAHMI YANG EFEKTIF

Oleh Syarif Hidayat

Sebagai seorang pensiunan kadang kadang kalau selagi tidak ada kegiatan di rumah, saya merasa kesepian dan merasa seperti ditinggalkan oleh teman teman. Tetapi sekarang dengan adanya Facebook, suatu jaringan sosial di dunia maya (Internet), tidak lagi terasa kesepian karena saya bisa berhubungan langsung dan bersilaturahmi lebih luas dengan teman teman baik sesama pensiunan maupun dengan yang masih aktif di kantor di manapun mereka berada di dalam dan di luar negeri dan bahkan saya bisa kontak lagi dengan teman teman lama di luar negeri. Pada awalnya saya kurang tertarik dengan Facebook ini, karena sebelumnya (sejak 1995) saya sudah memiliki situs di dunia maya yakni Home Page Keluarga (http://www.geocities.com/alhajsyarif/). Saya menampilkan foto foto keluarga dan artikel artikel serta kata kata bijak tentang persehabatan dari berbagai tokoh dunia serta menyajikan “Muslim Wisdom” yang merupakan kutipan beberapa hadisth Nabi Muhammad SAW dan beberapa firman Allah SWT. Saya menjelaskan maksud saya membuat Home Page tersebut untuk mengundang para pengunjungnya dari seluruh dunia untuk bersehabat. Home Page ini sejak 26 Oktober 2009 ditutup, diganti dengan Home Page baru (http://hshidayat.multiply.com/).Tetapi setelah melihat anak anak saya yang nomor dua Firman Hidayat (23 tahun) dan yang bungsu Maisara Annisa Syarif (13 th) hampir setiap hari meng-update dan mengecek ada kabar apa dari teman temannya dan ada issue/berita apa yang sedang hangat beredar di dunia maya seperti yang terakhir issue tentang konflik KPK-Kepolisian dan skandal Bank Century, nampaknya Facebook ini lebih menarik dan menantang dibanding Home Page Keluarga, saya menjadi tertarik untuk menjadi pengguna Facebook. Akhirnya saya bergabung dengan Facebook dan setelah itu saya merasa setiap pagi merupakan pagi hari yang cerah walaupun kadang keadaan sebenarnya mendung (karena saya sibuk ber-facebook di kamar dan kadang tidak sempat melihat ke jendela!). Semangat ber-facebookpun semakin meningkat karena hampir setiap hari saya menemukan teman baru dan ikut serta dalam diskusi suatu atau beberapa issue/permasalahan yang sedang hangat beredar, dengan mengkomentarinya/berpendapat tentang issue tersebut atau bahkan saya sendiri yang menampilkan suatu permasalahan untuk dikomentari oleh para Facebooker lain.Facebook juga dapat menjadi sarana bersilaturahmi baik dan efektif antara sesama umat Muslim khususnya dan umat manusia pada umumnya dari seluruh dunia. Mempertahankan dan memperluas silaturahmi merupakan kewajiban bagi setiap orang Muslim.
Nabi Muhammad SAW mengingatkan bahwa yang paling baik diantara dua orang muslim yang bertemu adalah dia yang lebih dahulu mengucapkan salam. Ucapan salam merupakan simbol kasih sayang antara sesama muslim yang tercermin dalam doa keselamatan, kerakhmatan dan keberkahan. Silaturrahmi adalah suatu yang sangat penting dan menjadi keharusan bagi setiap orang.

Perkembangan Facebook

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard, Amerika Serikat, sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan sejak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu Dollar AS untuk pengembangan Facebook.Jumlah anggota/pengguna Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta Dollar AS, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima dukungan dana lagi sebesar 12.7 juta Dollar AS dari Accel Partners. Sejak itu dukungan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook. Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail (surat elektronik).Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta Dollar AS, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta Dollar AS, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 miliar Dollar AS.Tidak ada situs jaringan sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap pengguna. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta pengguna aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Pengguna di Indonesia

Dua tahun yang lalu, Facebook belumlah sepopuler sekarang. Ketika itu Friendster masih merajai situs jejaring pertemanan di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Namun sekarang, perkembangan Facebook sungguh luar biasa. Pengguna di Indonesia merupakan terbesar nomor 7 di dunia setelah Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.Menurut data dari CheckFacebook.com, Indonesia telah memiliki 11,759,980 pengguna Facebook. Posisi Indonesia satu strip di bawah Italia yang memiliki 12.581.060 pengguna. Amerika Serikat masih menjadi pemasok warga Facebook terbesar sejagad. Negeri Paman Sam itu tercatat memiliki 94.748.820 pengguna atau 29,95 persen dari total pengguna global. Disusul Inggris di posisi kedua dengan 22.261.080 pengguna.Sementara itu jika dilihat dari pertumbuhan tiap minggunya, Indonesia juga berhasil masuk 10 besar dalam daftar negara dengan memiliki pertumbuhan pengguna tercepat. Pada perhitungan terakhir misalnya, Indonesia berada di posisi ke-9 tercepat dengan persentase 6,84 persen.Total pengguna Facebook sampai posisi Nopember 2009, menurut CheckFacebook.com sudah mencapai 325 juta pengguna di seluruh dunia. Melirik raihan tersebut, rasanya sulit bagi situs jejaring sosial lainnya untuk mengejar situs racikan Mark Zuckerberg itu. Berikut adalah 10 negara pengguna terbesar Facebook di dunia:1. Amerika Serikat 94.748.820 (pengguna)2. Inggris 22.261.0803. Turki 14.215.8804. Prancis 13.396.7605. Kanada 13.228.3806. Italia 12.581.0607. Indonesia 11.759.9808. Spanyol 7.313.1609. Australia 7.176.64010. Filipina 6.991.040. (Data terakhir dari sebuah perusahaan statistik pada April 2010, pengguna Facebook global mencapai lebih dari 400 juta orang).

Manfaat Facebook

Sekarang ini penyebaran informasi berkembang dengan begitu pesatnya dari jaringan telekomunikasi yang sudah sangat meluas di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Cara penyampaian informasi di Indonesia sudah beragam dari sarana penyampaian informasi umum seperti media cetak dan media elektronik, sampai sarana penyampaian informasi personal yang sudah menggunakan teknologi canggih dan sangat membantu menusia sehari-hari dalam berkomunikasi seperti telpon, handphone, hingga penggunaan internet sebagai media penyampaian informasi. Pada masa sekarang penggunaan media informasi sudah sangat lengkap, seperti media Facebook, dimana pada saat ini hampir semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa mempunyai account Facebook.

Sekarang mari kita lihat apa manfaat Facebook itu dalam kehidupan sehari-hari:

Pertma media ini digunakan sebagai sarana pertemanan yang memiliki sisi positif maupun negatifnya, pertama karena Facebook ini dapat menghubungkan orang-orang di Indonesia bahkan seluruh dunia, tergantung pada kita sendiri yang dapat memanfaatkan Facebook pada proporsi yang tepat dan dapat bermanfaat bagi kita sendiri maupun orang lain.Sisi positif Facebook mencakup antara lain manfaat pertemanan dimana kita dapat bertemu dengan teman-teman baru dan kita juga dapat bertemu lagi dengan teman teman yang sudah lama tidak bertemu. Sebagai contoh saya pun dapat bertemu lagi dengan teman teman lama dari International Institute for Journalism (IIJ) Berlin, Jerman angkatan tahun 1986. Dengan memanfaatkan Facebook, saya juga dapat melacak dimana teman teman lama saya sekarang berdomisili. Seorang teman saya bernama Roberto Gallicia dulu berdomisili di Manila, Filipina dan bekerja di Kantor Berita Filipina (PNA) sekarang sudah pindah dan bermukim di Toronto, Kanada dan bekerja di sebuah harian untuk masyarakat Filipina di Kanada. Satu lagi Trevor Riley, yang dulu tinggal di Jamaica dan bekerja di harian local Jamaica, The Standard, sekarang sudah hijrah ke London. Ia sudah berpindah professi menjadi seorang pengusaha perkapalan atau berprofesi ganda sebagai jurnalis dan pengusaha. Sekarang Facebook juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi atau tempat “berjualan” dimana banyak dari kalangan tertentu mempromosikan barang di jaringan Facebook ini, bahkan ketika masa-masa kampanye yang belum lama ini kita lewati, banyak para caleg, bahkan calon Presiden pun mempromosikan diri mereka dan menyampaikan visi misi mereka di Facebook.

Beberapa dampak positif yang bisa di dapat dari facebook antaralain :

1. Tentunya dengan Facebook kita dapat kembali bertemu dengan teman-teman lama walaupun hanya di dunia maya.
2. Dengan Facebook komunikasi antar teman menjadi lancar walaupun berjauhan.
3. Bagi yang sedang jauh dari komunitas aslinya karena tugas misalnya sedang studi di luar kota atau luar negeri manfaat Facebook sangat terasa.
4. Dengan Facebook kita bisa bertukar pikiran dengan sangat mudah. Pertukaran informasi difasilitasi dengan sangat bagus dan cepat. Sebagai contohnya ketika kita butuh sesuatu atau ingin tahu tentang sesuatu tinggal kita tuliskan dalam status maka akan banyak respon dari teman kita.
5. Facebook juga dapat digunakan sebagai sarana untuk berdakwah. Berdakwah merupakan kewajiban bagi setiap orang Muslim. Nabi Muhammad SAW dalam salah satu hadisthnya bersabda: ”Sampaikanlah dakwah, walaupun hanya satu ayat.”

Beberapa dampak negatif Facebook:

1. Mengurangi kinerja. Banyak karyawan perusahaan, dosen, mahasiswa yang bermain Facebook pada saat sedang bekerja (pada jam kerja). Mau diakui atau tidak pasti mengurangi waktu kerja.
2. Kesalahpahaman. Facebook merupakan jaringan sosial yang sifatnya terbuka antara pengguna dan teman-temannya. Seperti kehidupan nyata gosip atau informasi miring dengan cepat juga dapat berkembang di jaringan ini. Haruslah disadari menulis di status, di wall dan komentar diberbagai aplikasi adalah sama saja seperti obrolan pada kehidupan nyata bahkan efeknya mungkin lebih parah karena bahasa tulisan terkadang menimbulkan salah tafsir.
3. Penipuan. Seperti media online lainnya, Facebook juga rentan dimanfaatkan untuk tujuan penipuan. Kita tidak akan tahu sebenarnya siapa dibalik account Facebook. Orang dengan mudah membuat account baru untuk keperluan yang tidak baik. Ada yang menggunakan modus berkenalan dan akhirnya menjadi akrab di dunia maya yang ternyata ujung-ujungnya digunakan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal lainnya. Sekarang tinggal kita sendiri yang dapat memilah pemanfaatan teknologi komunikasi yang sangat canggih di jaman yang sudah modern ini. Yang jelas kalau kita menggunakan Facebook ini untuk tujuan positif, maka dengan memanfaatkan Facebook ini hubungan antar keluarga, antar tetangga, antar teman dan hubungan kekeluargaan antar sesama keluarga besar LKBN ANTARA pun terasa semakin erat. Kita bisa berhubungan langsung dengan para pemimpin dan wartawan serta karyawan ANTARA baik yang masih aktif maupun yang mantan dimanapun mereka berada di dalam dan di luar negeri. Dengan memanfaatkan Facebook ini hubungan dengan tetanggapun terasa semakin erat. Karena semakin meluasnya penggunaan Facebook ini sehingga komunikasi dengan tetanggapun kadang melalui Facebook. Sebagai contoh, seorang tetangga dekat di suatu pagi menulis statusnya di Wall (Dinding) Facebook: “Hujan hujan begini enaknya masak Soto Padang.” Ada tetangga lainnya yang mengkomentari dan istri sayapun ikut mengkomentarinya: “Wah Soto Padang enak deh.”Di sore harinya datang kiriman Soto Padang dari tetangga tersebut. Itulah antara lain salah satu manfaat yang paling nyata yang dapat dirasakan (dicicipi!). Ini merupakan salah satu contoh kecil manfaat dari penggunaan Facebook, tetapi besar artinya bagi peningkatan hubungan silaturahmi antar tetangga. Marilah kita kembangkan dan tingkatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bangsa Indonesia agar negara kita tidak akan tertinggal oleh negara negara lain yang semakin cepat berkembang.

Advertisements

Write a comment or Leave a Reply. Thank You! Kind Regards Web Administrator/Editor

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s